Transfer DVD/VCD dari Handycam

Pada lembaran ini saya akan menjelaskan secara garis besar mengenai pembuatan DVD sederhana. Mulai dari alat yang dibutuhkan sampai software yang dipakai.
Banyak orang memiliki handycam untuk mengabadikan acara-acara spesial mereka, seperti wedding, ulang tahun, acara kantor dan lain-lain tapi nggak tahu bagaimana cara mentransfernya menjadi sebuah DVD/VCD.

Sebelum kita mulai, coba deh anda siapkan dulu tools apa saja yang dibutuhkan :
Alat : Handycam, Komputer, Capture Card
Software : Adobe Premiere 6.5, TMPG encoder, Nero Burning

Harap maklum sebelumnya bahwa banyak sekali cara pembuatan DVD/VCD tapi yang saya terangkan disini adalah cara sederhana. Selamat menyimak!

HANDYCAM
Beragam jenis handycam kini beredar dipasaran. Dari yang berformat jadul seperti VHSC, Video 8, Digital 8 atau yang sekarang banyak dimiliki Mini DV, sampai dengan handycam canggih berkontainer keping DVD dan HD, 3CCD lagi (gambar lebih tajam). Apapun jenis handycam anda yang perlu diperhatikan adalah outputnya. Untuk mudah dan murahnya kita gunakan output Firewire. Saya menggunakan handycam Panasonic NV-GS60. Klik disini untuk melihat handycam sekelasnya.

KOMPUTER
Setelah merekam acara special mari kita lakukan capture video dari handycam ke hardisk komputer. Saya pernah tuh menggunakan spec komputer Pentium III untuk transfer VCD, bisa sih tapi lemot. Sekarang Pentium III sepertinya ketinggalan jaman banget. Kayaknya spec minimal yang harus kita pakai seperti ini :
- Processor Pentium IV Dual Core
- Motherboard P5GC-MX VGA on board
- Hardisk 80 Gb
- Memory DDR2 1 Gb
- Firewire Card PCI
- Monitor 17 inch
- Seperangkat Audio
- Instal Adobe Premier 6.5, TMPGEnc 4.0 Xpress, Nero Burning
Cek spec yang sekarang beredar di Mangga Dua.

CAPTURE CARD
Apabila semua sudah ada lalu sambungkan antara output handycam dengan input komputer menggunakan kabel Firewire. Switch On player handycam, lalu muncul pop-up window di komputer, pilih Adobe Premier 6.5.

ADOBE PREMIER 6.5
Pada Adobe Premier 6.5 – Load Project Setting – Available Presets – pilih DV PAL standard 48kHz – OK.
Lalu menuju File – Capture - Movie Capture. Muncul pop-up Movie Capture, klik Play button (shortcut: ‘) – klik Record button (shortcut: G).
Pada saat ini komputer me-record movie sesuai dengan lamanya rekaman pada kaset. Tunggu dulu, bikin kopi atau tidur-tiduran, kalo ketiduran ya ga apa-apa nanti premier akan autostop koq kalo rekamannya udah abis.
Begitu record telah selesai muncul pop-up File Name untuk memberikan nama filenya. Setelah OK, movie sudah tersimpan di hardisk dalam bentuk AVI file. Rata-rata membutuhkan space 12 Gb untuk durasi movie 60 menit. Untuk bahasan lebih detail Adobe Premier 6.5 baca postingan ini.

TMPGEnc 4.0 Xpress
Langkah selanjutnya untuk menuju burning dvd/vcd anda harus meng-convert dahulu file AVI menjadi DVD/MPEG2 atau VCD/MPEG1. Untuk itu bukalah TMPGEnc 4.0 Xpress. Sebenarnya bisa saja anda langsung memproses file AVI-nya di Nero Burning tapi akan menghabiskan waktu lebih lama. Tidak bila menggunakan TMPGEnc, convert lebih cepat dan hasilnya sangat memuaskan, bening bo..!
Pada Project Menu klik Start a New Project – Add File - pilih file capturan tadi.
Klik Format – pilih Output Format Selection (DVD, VCD…) – Select – OK
Selanjutnya Encode – browse Output File Name – Start Encode
Pastikan hardisk tujuan anda tersedia cukup space, lalu tunggu deh paling 15 menit. Software ini juga bisa untuk mengedit, namun tidak banyak tools yang ada dalam editing menggunakan TMPGEnc 4.0 Xpress.

NERO STARTSMART
Setelah proses convert selesai, lalu burning deh dengan Nero StartSmart.
Pilih Make DVD/VCD – Add Video Files – Next – pillih : ingin menggunakan Title and Chapter Menu atau tidak – Next – lihat Preview : Next – pilih PAL - tulis Volume Name – BURN
Pembahasan feature Nero StartSmart disini.

Setelah itu biarkan komputer bekerja, jangan diganggu.. hehe. Tunggu melulu nih, ya udah pesen ketoprak aja dulu.. laper! Cuma transfer aja lama apalagi full edit title dubing... emangnya goreng tempe, hehe. Udah ya, selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar

Go comment!

 
Copyright © . Audio Video Photo - Posts · Comments